E-MAIL
A. Pengertian e-mail
E-mail (electronic mail) adalah
surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah satu fasilitas atau
aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat-menyurat. Hal
ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah, cepat, dan
efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk mengirimkan pesan dalam
bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan biaya yang
murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai ke alamat yang dituju sesaat e-mail
tersebut dikirimkan. Biaya yang dikluarkan pun hanyalah biaya untuk mengakses
internet pada saat kita mengirimkan/membuka untuk menerima e-mail tersebut.
Komunikasi menggunakan e-mail dilakukan dengan cara mengaktifkan pesan yang
akan kita kirim pada software yang dikhususkan untuk keperluan ini, misalnya
Microsoft Outlook
.
B. SEJARAH
EMAIL
Surat elektronik sudah
mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang
ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail
sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer
pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and
Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan
sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan
pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat
membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan
menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa
mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah
awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray,
dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun
1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id
dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN).Perusahaan ini dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG.Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun.Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif.Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser.
C.Manfaat/kegunaan e-mail
1. Media komunikasi
E-mail atau surat elektronik
adalah media komunikasi yang biasa dilakukan secara persoal atau umum
(komunitas).
2. Media pengiriman
Dengan e-mail anda bisa melakukan
pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data
sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu,
dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya
dalam hitung menit bahkan detik.
3. Efektif, efisien, dan murah
Melakukan pengiriman data melalui
e-mail sangat efektif, efisien, dan murah. Maksudnya, anda tidak perlu keluar
rumah dan pergi ke kantor pos hanya untuk mengirim foto atau lamaran pekerjaan.
Cukup melalui koneksi internet dan alamat e-mail anda, pengiriman akan cepat
sampai ke alamat tujuan dan tidak perlu biaya mahal.
4. Media promosi
Jika anda bisa memiliki usaha di
internet atau bisnis online, anda bisa mengirimkan promosi produk ke para
pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
5. Media informasi
Melalui e-mail, anda bisa
mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia yang anda inginkan
dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
6. Membuat blog atau website
Dengan e-mail anda bisa membuat
blog dan website.
7. Sosial media
Dengan e-mail, anda bisa menjalin
hubungan dengan teman atau orang lain. Baik menggunakan e-mail itu sendiri atau
melalui jejaring sosial seperti facebook, twitter, atau google.
D. Syarat-Syarat Saran dan Prasarana
(komputer) untuk mengakses Email
Ø Prosesor
minimal yaitu Pentium II 400 MHz atau AMD K - 6400 MHz.
Ø Memory minimal
yang disarankan yaitu 64 MB.
Ø Ruang Hardisk
kosong yang diperlukan minimal 10 GB.
Ø RAM minimum 8
MB, disarankan 16 MB.
Ø Koneksi ke
jaringan telepon (Fix
Phone, GSM, CDMA), leased line(gelombang/antene, kabel), satelit.
Ø Perangkat lunak
Windows 95, 98, atau lebih.
Ø Software
browser untuk menjelajah internet seperti Internet Explorer, atau Netscape
Navigator.
E.
LANGKA-LANGKAH
MENGAKSES E-MAIL
Langkah-Langkahnya :
1. Masuk ke menu webmail domain anda : http://www.namadomain/webmail
Contoh :www.singcat.com/webmail
2. Tunggu beberapa saat, kemudian muncul kotak dialog yang berisi username dan password
1. Masuk ke menu webmail domain anda : http://www.namadomain/webmail
Contoh :www.singcat.com/webmail
2. Tunggu beberapa saat, kemudian muncul kotak dialog yang berisi username dan password
3. Masukkan username yaitu berupa alamat email lengkap
Contoh :support@singcat.com
masukkan password (hati2 kesalahan password lebih dari 3 kali mengakibatkan system akan memblok akses webmail anda secara otomatis)
Apabila anda
melakukan kesalahan password lebih dari 3 kali silahkan anda akses http://myipaddress.com.dan beritahu no IP
anda ke SingCat.
4. Selanjutnya, akan muncul panel webmail seperti ini :
4. Selanjutnya, akan muncul panel webmail seperti ini :
5. Silahkan anda
pilih salah satu webmail account yang tersedia (misalnya squirrelmail)
6. Apabila jika anda ingin membuka webmail tanpa harus memilih webmail account (otomatis langsung masuk ke panel email utama maka anda klik ‘enable auto load’ (Hal ini berlaku apabila anda mengakses webmail yang kedua kalinya)
6. Apabila jika anda ingin membuka webmail tanpa harus memilih webmail account (otomatis langsung masuk ke panel email utama maka anda klik ‘enable auto load’ (Hal ini berlaku apabila anda mengakses webmail yang kedua kalinya)
7. Webmail sudah siap
digunakan
Jangan lupa untuk
selalu sign out apabila telah selesai menggunakan fasilitas webmail
F. KELEBIHAN
PENGGUNAAN EMAIL– Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
– Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
G. KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
H. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF MENGGUNAKAN E-MAIL
·
Dampak Positif :
1. Internet sebagai media komunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi:
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
Dampak Negatif:
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun.Internet pun tidak luput dari serangan penipu.Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian.Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
1. Internet sebagai media komunikasi :
merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data :
dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data :
perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi:
kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :
Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.
Dampak Negatif:
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun.Internet pun tidak luput dari serangan penipu.Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan.Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
5. Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian.Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya.Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
- Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
- Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
- Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
- Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut
I. Mengatasi Pengaruh Dampak Negatif E-mail
1. Luangkan waktu
dengan anak saat belajar komputer dan internet
Meluangkan waktu
lebih banyak bersama anak bisa dengan belajar bersama lebih dalam tentang
komputer dan internet. Baik orangtua maupun anak harus tahu dan bisa
mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, keamanan transaksi
belanja, cara chatting, cara mengetahui situs baik dan situs buruk, mencari dan
memutar video di YouTube, dan cara mencari gambar dan video via Google.
2. Berikan pemahaman
mengenai manfaat dan bahaya internet
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak.Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara.
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak.Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara.
3. Ingatkan anak
tentang konsep “orang asing”
Ingatkan pada anak agar tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenalnya. Tekankan kepada anak agar tidak memberikan informasi pribadi, seperti email dan nomor telepon.
Ingatkan pada anak agar tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenalnya. Tekankan kepada anak agar tidak memberikan informasi pribadi, seperti email dan nomor telepon.
4. Kenalkan etiket
bergaul dengan teman “online”
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal lewat chatting.
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal lewat chatting.
5. Hindari anak
mengakses internet di kamar pribadi
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya.Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya.Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.
6. Kenalkan aktivitas
kreatif lainnya dengan internet
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis.Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis.Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
Pada dasarnya, bila digunakan dengan baik, teknologi Internet tentu
berdampak positif.Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin
diketahui.Dengan hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine),
ada banyak situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut. Adanya e-mail
memungkinkan seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan
cepat dan mudah. Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang
untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus.Atau
yang sedang marak, hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Friendster
yang memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak
dijumpai.Karena itu, peran dari orangtua untuk terus mengarahkan anak-anak agar
cerdas dan berhati-hati menggunakan teknologi sangatlah penting.Jadi, jangan
sampai orangtua tidak peduli perkemangan anak dengan alasan gaptek alias gagap
teknologi ya.(vln)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar